Monday, February 11, 2013

PaSRaH dAn IkHLaS

Pada suatu hari di fakuktas Kedokteran, 2 orang sahabat lagi nyantai diskusi sambil nunggu ujian Praktikum Anatomi. Si unyil dan Si Upin. (eh... Si Ipinnya mana ? Oh Ipin masih di masjid kampus, doanya memang panjang apalagi klo mo ujian kek gini)

Si Upin bertanya pd si Unyil, "Pasrah itu apakah sama dengan ikhlas' Nyil?"
"Pasrah itu kalo kt sdh berusaha kita serahkan semuanya kpd Allah, sedangkan ikhlas itu menerima atau mengerjakan sesuatu dgn sepenuh hati hanya karena Allah." ujar si Unyil sambil perbaiki songkoknya yg miring.

"Jadi bahasa mudahnya itu ikhlas=menerima, pasrah=menyerahkan" ujar Upin sambil ngerapian sehelai rambutnya yg tertiup angin
"Betul.betul.betul." jawab si unyil

Platak!!! "Itu hak paten ku Nyiiiiiilll" si Upin menjitak si unyil, Unyil nya cm nyengir hehehe...

"Lanjut pale. Nah, ikhlas itu diletakkan dimana sih, Pin? Di awal ato diakhir ikhtiar?" kali ini unyil yg btanya.
"Kalo ikhlas itu harus hadir diawal saat mo memulai, di jaga saat sementara ikhtiar dan dipelihara terus setelah melakukan ikhtiar itu." begitu yg saya tau nyilll" jawab Upin serius.


"Hm... Ya.ya.ya. Yg sy pernah dengar jg begitu juga sih" jawab si Unyil sambil cek2 bbmnya.
Platak!!! "ih... Km serius g sih btanya? Org sdh jawab eh kamunya malah asyik bbm-an. Org yg plg berharga itu adlah org yg sedang bersama mu. Jd jgn pernah cuekin dia. Kamu bersamanya tp sibuk dgn yg lain. Ko tau betapa tersinggungx itu klo org merasa tidak dianggap." si upin elus2 tangannya, jitakkanx kali ini kykx keras sampe sakit sendiri tangannya, si unyil mah tetap nyengir mgkn diselamatkan sm songkoknya, kayak ada bantalannya jd g terasa itu jitakan :D

"Iya-iya maaf boi, Saya dngar kok apa yg kamu ucapkan td. Trus gimana kalo pasrah, dia diletakkan dimana sih?

Serta merta si upin menjawabnya, "Usaha dulu nyilll, baru pasrah. jd diletakkan diakhir setiap kt selesai berikhtiar maksimal, baru deh kt pasrahkan sama Allah. Kayak kita mau ujian ini, setelah ujian pi toh baru ki pasrah sama Puangala ta'ala" kali ini si upin mulai pake logat makassar maklum sudah setahun di makassar.

"Tapi saya pernah dengar senior di rohis jelasinx beda pin. Kamu tahu kan doa keluar rumah ?"
"Tau donk, Bismika allahumma ahya wa bismika wa amuut."

Platak.!!!! Nah kali ini ini si unyil yg menjitak, "doa tidur itu Upiiiiiinnnn!!!!

Sambil pegang kepalax n meriksa rambutnya yg cm selembar itu, ditengah lagi, untungx masih aman. G gugur kena jitak td. bisa brabe kalo hilang bakalan susah org bedakan mana upin-mana ipin nantinya.

"Oh iya lupa saya. Doa keluar rumah itu, bismillahi ...... tawakkaltu ......Alallahi...... walahaula wala quwwata illa billah." jawab upinsedikit lambat takut keliru lg. Sambil bersiap menghindar sapa tau kena jitakx unyil.
"Nah bener tu, cb bede artikan doanya"
"Eh... Knp dirimu jd kyk guru TPA ku dulu yah nanya2 begitu. Neh arti doa keluar rumah itu. Dengan nama Allah, aku berserahdiri sungguh tidak ada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah" jawab upin mantap.

"Nah itu dia pin, kata itu kakak, knp cb Allah ajarkan doa itu ketika kita keluar rumah? Padahal kan keluar rumah itu identik dengan kita pergi berusaha, pergi bekerja. Baru Memulai ikhtiar. Doa tadi itu adalah bentuk kepasrahan kan yah, kalo kta baca artinya td? Klo td kau bilang pasrah itu diakhir setelah kita berusaha baru kita pasrahkan sma Allah, kenapa doa itu bukan doa saat orng pulang, saat mau masuk ke rumahnya? Setelah seharian dia berusaha. ato jd doa saat tidur karena seharian sudah beraktifitas"

"Iya yah? Hm..." sambil putar2 rambutnya pake jari telunjuknya, upin manggut2 mencoba memahami apa yg di bilang unyil.

"Kalo menurut saya, Hikmah doa ini, mungkin Allah ingin kita itu sebelum melakukan suatu ikhtiar, kt sudah pasrahkan, serahkan urusan itu sm Allah. Seolah2 kita bilang ya Allah, aku telah menyerahkan urusan ini pada mu, dan terserah Engkau mau arahkan kemana akhirnya ini semua, sungguh Engkau sebaik2 tempat berserah diri. Setelah itu kt berusaha semampu yg kita bs. Krn sungguh Allah lah yg mengatur segalanya. Dampak psikologis nya apa? kita akan dgn mudah bs menerima apapun yg terjadi nantinya. Kita pun akan mengerjakannya seolah ada Allah yg membimbing kita melakukannya. Jd apapun hasilnya nanti itulah yg terbaik buat kita."

Tiba2 dtg si ipin dgn celananya yg masih terlipat setengah lutut, mungkin dia lupa perbaiki sehabis sholat tadi, "oi ngomong apa sih, serius banget tuh sdh mo mulai ujian anatominya, jom!!!"

"Ha iya kah? Ayuk mi pale. Eh nyil, sebelum kita masuk ujian ayo berdoa dulu, pasrahkan semuanya pada Allah" ujar upin dgn degup jantung yg tb2 jadi lbh cepat seperti genderang mau perang, eh mo ujian ding :).

"Eh g salah tuh, bukannya habis ujian pi org baru kita pasrahkan hasilnya sama Allah" ipin pasang wajah bingungnya sambil liat ke unyil, n ipin minta penjelasan.

"Hh... Nanti deh dijlasin, sapa suruh kepanjangan doanya td di masjid. G ada waktu lagi u dijelaskan, ntar siang deh sambil makan siang di warung mace" Ujar upin seperti g sabaran, kyk ujian g bakalan mulai kalo g ada dia saja.

"Ya udah mari kita berdoa, "Ya Allah telah begitu byk nikmat yg engkau anugrahkan kepada kami, sungguh tak bisa kami menghitungnya. Kini dgn penuh kerendahan hati kami pasrahkan kepadaMu ujian kami ini, Engkau tahu kami sudah berusaha untuk mempersiapkan diri, dan skrg waktux kami untuk menghadapinya, tidak ada daya dan kekuatan kami selain dgn pertolonganMu. Kami memohon bimbingan dan ridho Mu. Segala puji hanya milikMu dan semoga sholawat dan salam selalu tercurah buat rosulullah saw." unyil berdoa dgn khusyuk

"Amiiiiiin..." ipin -upin kompak. Doa tadi seolah menenangkan hati yg tdnya berdegup kencang seperti irama genderang perang seolah berubah jadi iramanya queen. "we are the champhion my frend..."
"Oi... Mau masuk ujian g?" dokter pengawas sdh berteriak dr balik pintu, g tau kenapa wajah pengawas ujian yg cemberut itu di mata mereka tiba2 seperti mbak2 receptionis hotel yg menyapa penuh keramahan, manisssss!

_Semangat buat smua yg mau ujian. Ujian ukdi 16 februari. Semoga kali ini bs lulus. Amiiiin._

No comments: