Tuesday, March 5, 2013

MaLam BiRu

Suatu malam yg biru di acara mabit, sebelum orang istirahat si Taboi dan si Kasboi lagi cerita-cerita sebgai pengantar tidur. Dengan latar masjid yg dingin ber AC + gemericik hujan yang terdengar merdu dari luar (hallahh...).

Kasboi  : Pernah kah kau jatuh cinta boi?
Taboi     : Eh..? jatuh cinta? Hm.. Ada apa ini tb2 ngomong cinta? Galau karna hujan yah ente? Emang kenapa boi?  
Kasboi  : ndak ji. Mo ja cerita-cerita tentang cinta. Lagian kenapa musti tabu ngomongin cinta. Ulama sekelas Ibnul Qoyyim Al Juasiyah sj menulis buku khusus tentang cinta berarti dia sesuatu yg perlu untuk di bahas kan? Bener neh ente ndak pernah ngerasain jatuh cinta? Waktu sekolah dulu gimana?
Taboi     : Ndak tuh biasa sj. Emang ada pengaruhnya kah klo sy pernah ngerasain jatuh cinta ato ndak?
Kasboi  : bener neh g pernah? Ah.. Kasian skali ko boi. Mgkn kau tdk paham benar apa yg akan ku ceritkan ini krn kau bilang tdk pernah merasakanx. Org yg pernah merasakanx pasti akan lbh paham. Tp biarlah siapa tau ini cuma perasaan ku saja. Mgkn kau nanti bs menanggapinya.
Taboi     : Bah.. serius kali ko boi. Hbis ketemuan sama Laila & Majnun yah? Jd aneh begitu, ente kan orangnya ndak romantis biasanya, tiba-tiba ngomong cinta hahahaha...
Kasboi  : Ah siapa bilang sy ndak romantis, tanya aja sm my zaujati. Buktinya mo mi tiga anak ku :D. ente tuh ndak bs dibuktikan klo ngaku romantis. Palsu!!!  :p
Taboi     : Iya.iya ambe mie... (Telan ludah)
Kasboi  : Hahaha.. tenang boi. Bercanda ja. Ente nyaitai sj lah g usah jd serius gitu mukanya?
Taboi     : iyaa lanjut mi. (Lgsg senyum biar muka seriusnya pergi)

Kasboi  : Begini boi. Sekarang sy tanya. Org yg jatuh cinta itu kyk gimana kah? Walaupun ente bilang ndak pernah ngerasainnya, ane ndak percaya sih :p. Tp ente kan biasa baca di novel2, sy liat koleksi novel ente byk toh?
Taboi     :  Hm... rasanya itu Kyk film  kuch.kuch hota hai, boi. Ada getaran di hati kalo ketemu sm si dia, bahkan mgkn bukan lagi getaran, tp gempa tsunami mi!
Kasboi : Hahaha... begitu yah. Itu  Pengalaman ente kan boi? Mengaku me ko :p
Taboi     : Hehehe... Ndak deh! Lanjut deh!
Kasboi  : Trus apa sm si doi sj timbul getaran itu?
Taboi     : Ndak, bahkan klo  kt liat benda-benda kepunyaannya, kyk motornya parkir depan tempat bimbel, ato pas kita lewat depan rumahnya, ato tiba-tiba lihat  ada binder yg tercecer trus ada nama si doi ada disitu, wuih langsung dumbats-dumbats calleda itu hati. Gempa.gempa. Hampir tsunami kapang itu hati rasanya. Trus kt juga jd ikut suka apa yg na suka, lagunya, buku yg dia baca, ato warna kesukaannya. :D
Kasboi  : Hahaha... ente tau bener ya maksud pertanyaan ku tadi. Orang lain sy tanya begitu pada bingung dulu biasanya. Kayaknya nyambung mi ini pembicaraan ta di’.


Taboi     : Trus? Intix apa boi? sudah malam ini, nanti ente jatuh-jatuh lg pas lail, terkantuk-kantuk :p.
Kasboi  : That's the point boi. Cm mo ksh lihat ke ente, ini tentang rasa kawan. Kita ngaku cinta Allah. Sama manusia saja ketika kita suka sama dia ato cinta, maka terhadap benda-benda kepunyaannya jg kt punya rasa yg sm walau pasti dengan dosis yg lbh rendah kan.  Getarannya mungkin dgn skala yg lebih kecil. Tp pernah kah rasa itu benar-benar ada seperti yg kau contohkan tadi boi? Kt ngaku cinta Allah, tp trhadap makhluk ciptaan Allah di semesta ini kadang kita tidak perdulikan. Berarti cinta kita dipertanyakan donk boi? Klo sekedar ngaku-ngaku org kafir pun bisa kan?
Taboi     : Wuih.. Sy kira ko cm bs ngomong ttg AC Milan saja boi hehehe... Sory bro, lanjut :D
Kasboi  : Edede org lg serius ngomong ini. Lanjut nah, pernah dgr kan kata2 'ana uhibbuka fillah' aku mencintai mu karena Allah'. Ah kayaknya ente blm pernah ucapkan itu ke ane kan boi? Tega nian  dikau kawan !

Taboi     : Ana uhibukka fillah bro. (Pasang wajah serius)
Kasboi  : Semoga Allah mencintai mu kawan krn cintamu itu :). Lanjut ndak nih diskusi ta?
Taboi     : Tunggu boi, biar sy rasakan gempa-gempa dulu di hati ku. Oh... hampir mi juga tsunami :D

Kasman                : Hahaha... Nt bs aja boi. Ok. Kita lanjut. Kata-kata itu menggambarkan klo cinta kpd Allah itu diatas segalanya. Lalu krn cinta itu kt pun mencintai makhluk Allah atas dasar cinta kt kpd Allah.
Pernah kan dengar kisah mimbar nabi yg menangis lalu nabi mengelus-elusnya supaya ndak bersedih lagi, benda mati lho itu. Sebatang pohon kurma yg biasa dijadikan tempat nabi berkhutbah. Sedih dia karena nabi dibuatkan mimbar yang baru. Tidak lagi dirinya bersentuhan dngan nabi secara langsung maka menangis segukan lah dia.  Ato kisah unta beliau yg bgitu setia. Atau domba yg tiba-tiba tadinya ndak bisa mengeluarkan susu tp oleh nabi susu domba itu sanggup mencukupi seluruh pasukan dalam perang khandaq. Juga perhatikan benda-benda milik Rosulullah. Satu persatu beliau beri nama, seperti pedang-pedang perang beliau. Seolah-olah beliau berinteraksi dgn mereka. Dan lihatlah kisah si yahudi buta yang selalu menhujat rosulullah, tp beliau memperlakukannya dengan baik, menyuapi yahudi tua itu sampai ketika beliau meninggal Abu Bakar menggantikan kebiasaan Rosulullah menyuapinya. Tp yahudi tua itu merasa bahwa bukan seperti ini org yg biasa menyuapi beliau, sepertinya ada yg kurang tdak terasa lagi  kelembutan dan penuh cinta dan setiap suapnya. Rosul tidak perduli kebaikannya itu bakalan di balas ato ndak, beliau melakukannya atas darsar cinta kepada Allah. Bahwa berbuat baik itu Allah yg menilainya. Jd ndak perduli dia mau balas ato ndak kebaika ta. Dan kau tau kan gimana akhirnya kisah itu boi.

Taboi     : Iya saya juga pernah baca tentang alm. Bunda yoyoh yusroh, yg merawat bunga dan pohon mangga depan rumahnya yg tadinya tdk pernah berbuah tp beliau merawatnya dgn sepenuh cinta, kadang mengaji/murojaah hapalan di dekatnya, seolah-olah beliau berinteraksi dengan mereka,  lalu pohon mangga itu bisa lebat buahnya, bunga-bunga jadi lebih harum saat mekarnya.

Kasboi  : Itu dia boi, lihat juga para kekasih Allah. Nabi and para ulama. Kecintaan mereka pada Allah juga mereka tunjukkan ketika berinteraksi dgn semesta. Lembut tidak hanya pada manusia tapi juga pada hewan dan tumbuhan. Bahkan pada benda mati pun tidak diperlalukan beda. Krn mereka melihat ciptaan Allah itu adalah sesuatu yg patut untuk dicintai atau diperlakukan dgn baik. Bahkan dlm alquran kt di suruh untuk kasih mengasihi kpd sesama. Dan rosul diutus sebagai rahmatanlilalamin. Harusx kt jg bs mencontohi beliau. Menjadi rahmat bagi semesta.

Taboi     : Makasih taujihx ustad. Klo ada mabit ente aja yg isi materinya boi.
Kasboi  : Hehehe.. ente bs aja. Inti dari cerita kita malam ini ada pada materi liqo dulu boi. Yang dulu ente dapat tugas untuk membawakannya, masih ingat tak? Mahabbatulah. Ya udah sdh larut its time to sleep bro.
Taboi     : Yup thanks for diskusi pengantar tidurnya. Nanti dilanjut lagi kan boi. Iya kan boi? Boi....?
Kasboi  : (sdh tenggelam dalam nyenyaknya

1 comment:

Idrus Uzumaki said...

Syukran atas Kisahnya Akhi..!! Mantapks..!! Salam ukhuwah dari ana Idrus Dama Gorontalo. Blog saya ni akhi : www.cahayapena.com