Thursday, April 5, 2012

GuRu

Siang kemarin menyempatkan diri untuk menjenguk saudaraku Recca yang sedang di rawat di ruang palem RSWS. Waktu pulang sempat bertemu dengan guru-guru SMA ku yang juga mau menjenguk Recca.  ku llihat dari kejauhan mereka sedang bingung mencari kamar Recca. Sy pun menghampiri menyapa dan memperkenalkan diri kalo saya adalah muridnya dulu waktu di sma 5 makassar sambil mengantar mereka ke kamar yg di cari. sebagian masih mengenal ku, sebagian sepertinya guru baru.

Teman ku pernah bercerita kepadaku, kalo ibunya adalah seorang guru. Dan kata ibunya, setiap guru itu akan sangat bahagia jika diluar sana, ketika di jalan, di rumah sakit, di pasar, ato dimana saja ada yang menyapanya dan  memperkenalkan diri sebagai muridnya dulu. Apapun keadaan  sang  ‘mantan’ murid itu saat ini, tukang sapu jalan kah, cleaning service kah, profesi dokter kah, ato pengusaha sukses, tetap saja sapaan itu adalah penghargaan  yang sangat menyanjung. Itulah mungkin bentuk tanda jasa yang bisa kita sematkan padanya.

Jadi kawan, jika ada momen2 dimana kau bertemu dengan guru-gurumu maka sapalah mereka. Dan akan kau lihat semburat kebahagian yang hadir di wajah mereka. Dan pasti pertanyaan selanjutnya adalah tentang dirimu, dan jika dirimu saat itu datang dengan pakaian  kesuksesan dengan sederet prestasi maka akan bertambah bahagia mereka melihat muridnya telah menjadi “sesuatu” :D.

Dan seperti itu yang saya lihat kemarin. dan ingin menulis ini buat mu kawan agar kita tidak pernah lupa pada guru-guru kita. Masih teringat dengan jelas kan wajah  guru-guru ta waktu di TK dulu, di SD, SMP, SMA sampai dosen2 kita. Guru-guru kita dalam “lingkaran’ kecil, guru-guru kita dalam diskusi-diskusi, guru-guru kita dalam  perjlan waktu kt di dunia.  Dan bersemangatlah untuk jadi seperti mereka karena pekerjaan sebagai guru adalah pekerjaan  mulia. Yang pahalanya terus mengalir walau jasad kita telah bebujur kaku di liang lahat yang sempit.

2 comments:

Athifah Dahsyamar said...

bukannya tidak ada mantan murid dan mantan guru ?

chi said...

saya suka tulisan ini ...
salam kenal ^_^