Monday, October 31, 2011

SeKeLeBAt TenTAng PerEMpuAn

Sebelumnya aku beranggapan bahwa kenapa perempuan itu selalu perlu dihargai, disayang, dijaga perasaannya hanya karena kelemahannya. lemah dari segi fisiknya dibandingkan lelaki. Karena sering ku dengar orang berkata yang senada, 'kasih ko itu tempat duduk mu. Masa nu liati ji perempuan berdiri. malu donk'. ato 'eh adek kau mo yang angkat itu barang2 nah. masa perempuan kodong yang angkat’. dsb.

Sedikit tercerahkan ketika membaca beberapa siroh. Betapa dulu sejak zaman sebelum masehi dan ketika waktu melintasi beberapa peradaban yang memimpin dunia, perempuan hanyalah dijadikan sebagai rebutan dan tak lebih dari barang hiburan. Puncaknya adalah di zaman kejahilian sebelum kenabian Muhammad saw itu menerangi dunia. Di zaman itu orang malu mempunyai anak perempuan, jika mendengar kabar kelahiran anaknya adalah perempuan, maka merah bermuram durjalah wajahnya. Dan bahkan ada yang sampai mengubur hidup2 anaknya sangking malu dirinya. Ketika perempuan itu datang masa2 haidnya mereka diasingkan jauh di luar perkampungan karena dianggap najis. Tapi ketika islam datang maka perempuan pun dimuliakan. Dipagari dengan aturan syariat agar kemuliaannya tetap terjaga. Dimuliakan karena betapa berat tugas yang diemban oleh seorang perempuan. Perempuan-perempuan mulia yang mendampingi lelaki luar biasa yang sekarang ini kehadirannya di rindukan dunia.


Diantara tugas berat itu adalah menjadi ibu bagi anak-anaknya. seorang yang akan mempersiapkan, mendidik, menuntun generasi baru untuk menjadi generasi rabbani. Tidak hanya itu seorang ibu juga berperan mendampingi suaminya untuk tetap kuat mengarungi samudra dunia, mengingatkan nahkoda rumah tangganya untuk berada dalam jalur yang benar, menguatkan saat badai menghadang dan menentramkan dikala kabut melanda.

Dan jika kau bisa membayangkan dan melihat sedikit saja bagaimana dan betapa susahnya seorang perempuan itu mulai dari awal; kehamilan sampai melahirkan kemudian merawat dan menjaga anaknya tumbuh berkembang mungkin kau akan semakin bisa mengerti sesuatu jawaban. Jawaban yang mungkin tak perlu kau uraikan secara panjang lebar lagi. Karena jika kau mau sedikit merenungi tentang ini maka kau tidak akan perlu lagi bertanya kenapa perempuan itu harus diperlakukan dengan baik....

coas obgyn

No comments: